Ternyata Penyakit Jantung Bocor Terjadi Pada Semua Orang

Ternyata Penyakit Jantung Bocor Terjadi Pada Semua Orang


Ternyata Penyakit Jantung Bocor Terjadi Pada Semua Orang - Jantung bocor atau adanya lubang di jantung, sering kali tidak terdeteksi karena jarang sekali menimbulkan tanda atau gejala khusus. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang tanpa disadari.



Pada orang dewasa, jantung bocor sering kali terjadi karena salah satu katup tidak dapat tertutup. Sedangkan pada anak-anak atau bayi, kasus jantung bocor bisa disebabkan karena lubang antara serambi kiri dan kanan tidak tertutup sempurna, walaupun ada juga anak-anak yang memiliki gangguan pada katup jantung.


Regurgitasi Katup


Jantung manusia memiliki empat katup, yaitu katup trikuspid, pulmonal, mitral, dan aorta. Jaringan khusus di dalam jantung ini berfungsi mengatur aliran darah dari satu bagian ke bagian lain. Tiap katup terdiri dari dua atau tiga kelopak yang bisa membuka dan menutup. Kelopak katup akan terbuka saat darah dipompa di antara ruang jantung atau dipompa ke tempat lain, dan menutup untuk mencegah darah kembali ke jantung.


Namun ada kalanya katup jantung ini tidak tertutup dengan sempurna. Akibatnya, aliran darah yang seharusnya sudah berpindah ke tempat lain justru kembali ke dalam jantung. Inilah yang disebut dengan katup jantung bocor atau regurgitasi katup.


Katup jantung bocor sering kali tidak menimbulkan gejala namun ada juga beberapa orang yang tiba-tiba mengalaminya. Gejala katup jantung bocor yang mudah terlihat antara lain adalah nyeri dada, debar-debar atau palpitasi (ritme jantung cepat atau tidak beraturan), sesak napas atau sulit bernapas, merasa lelah dan lemah, tidak mampu beraktivitas normal, pusing, pingsan, dan pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut.


Pengobatan regurgitasi katup tergantung pada seberapa parah kondisi kebocoran, apakah ada tanda-tanda dan gejala yang jelas, dan apakah kondisi pasien semakin parah. Tujuan pengobatan hanya untuk meningkatkan fungsi kerja jantung. Hanya pembedahan yang bisa menyembuhkan regurgitasi katup, yaitu dengan memperbaiki atau mengganti katup yang bermasalah.


Penting bagi pasien dengan katup jantung bocor untuk berolahraga sehari-hari (diskusikan terlebih dahulu tingkatan olahraga yang tepat dengan dokter), tidak merokok, dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter.


Patent Foramen Ovale (PFO)


Patent foramen ovale terjadi ketika lubang antara serambi kiri dan kanan jantung tidak tertutup. Semua orang memiliki lubang ini sejak sebelum lahir, dan biasanya akan menutup sendiri sesaat setelah ia dilahirkan. Namun, terdapat beberapa kasus pada bayi di mana lubang tersebut tidak bisa menutup.


Bagi sebagian besar penderita, PFO tidak menimbulkan masalah meski darah bocor dari serambi kanan ke kiri. Masalah akan timbul ketika darah yang mengalir mengandung bekuan darah. Selain itu, biasanya PFO tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala khusus, sehingga susah untuk dideteksi.


Namun dalam kasus yang sangat jarang, bayi dengan PFO bisa menunjukkan tanda-tanda seperti kulit menjadi biru ketika menangis atau buang air besar. Tanda-tanda ini biasanya hanya terjadi jika bayi menderita PFO dan penyakit jantung lain. Sedangkan pada orang dewasa, tanda-tandanya bisa berupa migrain parah, TIA (transient ischemic attack yaitu aliran darah yang mengalir ke otak berhenti untuk beberapa saat), atau stroke.


Kebanyakan pasien PFO tidak memerlukan pengobatan. Namun PFO bisa ditutup melalui pembedahan. Caranya adalah dengan kateterisasi, di mana sebuah sumbat dimasukkan ke dalam lubang dengan menggunakan tabung panjang yang disebut kateter. Selain itu, lubang tersebut juga dapat dijahit agar menutup.


Penyakit jantung bocor memang sering kali tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala. Oleh karena itu, disarankan agar rutin melakukan pemeriksaan menyeluruh agar penyakit apa pun bisa segera dideteksi. Jika penyakit diketahui lebih awal, pengobatan dan perawatan pun bisa dimulai lebih dini. Dengan cara ini, tingkat keberhasilan pengobatan akan meningkat pula.



Inilah Obat Jantung Bocor Yang Sudah Terbukti Manjur Nyaman Dan


Aman 100% Tanpa Efek Samping






Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kateterisasi Jantung

Obat Batuk Untuk Bayi Dan Anak

Author:

Facebook Comment